Selasa, 13 Februari 2018

Beberapa Masalah Penggunaan Laptop Jika Tanpa Baterai

Beberapa Masalah Penggunaan Laptop Jika Tanpa Baterai

– Memperpendek Usia Komponen Laptop
Dari hasil survey yang sudah di lakukan, masalah penggunaan laptop jika tanpa baterai adalah secara tidak langsung, komponen-komponen di dalam laptop Anda akan cepat rusak dan mungkin kemungkinan terburuknya adalah akan meledak atau terbakar. Hal ini dikarenakan jika kita menggunakan listrik langsung pada laptop kita tanpa menggunakan baterai, akan membuat tegangan yang di terima oleh komponen laptop tersebut menjadi berlebih. Karena fungsi baterai di dalam laptop itu, selain sebagai sumber power, juga berfungsi untuk penstabil tegangan pada komponen laptop tersebut.

– Listrik Tidak Stabil Merusak Komponen Utama
Mengapa saya katakan listrik tidak stabil? Karena di negara kita ini fenomena mati listrik masih kerap terjadi bahkan bagi beberapa daerah selain pulau jawa intensitas mati listrik ini pun sangat sering terjadi, bahkan bisa berkali-kali dalam sehari. Nah, masalah penggunaan laptop jika tanpa baterai dalam kondisi listrik yang tidak stabil ini akan sangat beresiko tinggi. Karena jika kita menggunakan laptop tanpa baterai, kemudian ada pemadaman listrik secara mendadak, maka laptop Anda pun akan mati secara mendadak pula. Dan jika ini terjadi berkali-kali, maka akibat penggunaan laptop tanpa baterai ini bisa mengancam jiwa hardware, dan beberapa komponen utama laptop Anda.

– Inverter Tegangan Tidak Berfungsi
Jika kita menyalakan laptop langsung tanpa melalui baterai, otomatis system inverter tegangan yang ada di dalam baterai tidak akan digunakan dan tidak akan berfungsi. Sehingga ketika Anda menggunakan laptop Anda tanpa menggunakan baterai. Maka masalah penggunaan laptop jika tanpa baterai ini akan sangat beresiko tinggi bagi kehidupan laptop Anda. Karena sewaktu kita menggunakan laptop kita yang tanpa baterai tersebut, kemudian tanpa kita sadari listrik yang kita gunakan mempunyai tegangan di atas batas tegangan yang diperbolehkan pada laptop. Maka laptop Anda akan mengalami kelebihan tegangan yang bisa di sebut over voltage. Hal ini akan membunuh laptop Anda hanya dalam hitungan sekejap saja, karena komponen di dalam laptop tidak dapat menerima tegangan tinggi tersebut dan akhirnya terbakar semua.

Nah, saran saya untuk Anda yang sering mengoperasikan laptop Anda tanpa menggunakan baterai. Sebaiknya Anda bisa menggunakan semua komponen-komponen pendukung laptop termasuk baterai dengan lebih maksimal untuk menghindari pembunuhan secara cepat pada laptop Anda. Karena, sebenarnya masalah penggunaan laptop jika tanpa baterai yang sudah saya jelaskan di atas bisa Anda hindari dengan menggunakan baterai saja. Cukup mudah kan? Jika Anda tidak percaya, silahkan buktikan sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar